JAKARTA – Ditengah riuhnya pemberlakuan tarif oleh Presiden Donald Trump, ada fakta unik terkait sektor otomotif Amerika. Ternyata, bukan ada kendaraan yang tersebut 100% diproduksi lokal dalam AS. Demikian laporan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Apa artinya?
Kebijakan tarif otomotif Presiden Donald Trump berusaha mencapai kendaraan juga suku cadang yang tersebut diproduksi di dalam luar Amerika Serikat. Namun, kebijakan ini tidaklah juga merta memproduksi produsen mobil yang mana sudah ada merakit mobil di dalam di negeri kebal terhadap bea masuk baru.
USA TODAY menganalisis laporan yang dimaksud dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) untuk menentukan apakah ada kendaraan yang dijual dalam Amerika Serikat yang tersebut sepenuhnya diproduksi pada Amerika. Berdasarkan data NHTSA, untuk semua model yang tersebut dirakit kemudian tersedia untuk dijual di area AS, rata-rata 47% suku cadang (berdasarkan nilai) berasal dari Amerika Serikat atau Kanada.
Artinya, tak ada satu pun kendaraan 100% diproduksi di tempat Amerika Serikat. Beberapa produsen memang benar mempunyai proporsi suku cadang dari Negeri Paman Sam atau Kanada lebih besar besar. Misalnya, 69% suku cadang (berdasarkan nilai) pada kendaraan Tesla diproduksi di tempat Amerika Serikat atau Kanada. Honda juga menonjol — 12 pabrik manufakturnya dalam Negeri Paman Sam memungkinkan perusahaan merakit kendaraan tertentu di tempat di negeri dengan suku cadang buatan Amerika.
Data NHTSA mencantumkan persentase berdasarkan nilai, tidak jumlah keseluruhan total suku cadang, dan juga bahwa data yang disebutkan hanya sekali meninjau model kendaraan yang tersebut tersedia untuk pangsa Amerika, bukanlah jumlah kendaraan yang digunakan terjual.
Berikut adalah peringkat kendaraan di laporan berdasarkan persentase suku cadang yang dimaksud berasal dari Negeri Paman Sam lalu Kanada:
1. Audi
Audi tak merakit model apa pun di area AS, juga 1% suku cadang (berdasarkan nilai) pada model yang tersebut dijual di area Amerika Serikat berasal dari Amerika Serikat atau Kanada. Model A4 40 2025, yang dimaksud dirakit di tempat Jerman, menggunakan 1% suku cadang (berdasarkan nilai) dari Amerika Serikat atau Kanada.
2. BMW Group
Produsen mobil Jerman BMW memang sebenarnya merakit beberapa model X-nya di area AS. Namun, sebagian besar suku cadang (berdasarkan nilai) untuk model merekan yang digunakan dijual dalam Amerika Serikat berasal dari luar Amerika Serikat atau Kanada. Sekitar 8% suku cadang (berdasarkan nilai) yang ditampilkan di Seri 3 tahun 2025 yang dimaksud populer, yang dirakit pada Meksiko, berasal dari Amerika Serikat atau Kanada.
3. Fiat Chrysler (Stellantis)
Fiat Chrysler bergabung dengan Peugeot S.A. untuk membentuk perusahaan multinasional Stellantis pada 2021. Di AS, ia menawarkan kendaraan Fiat, Chrysler, Alfa Romeo, Dodge, Jeep, serta RAM. Dari model yang digunakan ditawarkannya di dalam AS, 50% dirakit di tempat AS. Produsen Kanada atau Amerika Serikat memunculkan 40% suku cadang (berdasarkan nilai) di model AS-nya. Jeep Wrangler 2024, yang mana dirakit di dalam AS, mendapatkan 64% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Negeri Paman Sam atau Kanada.
4. Ford

Meskipun merupakan perusahaan Amerika serta merakit sebagian besar model pada AS, Ford Motor Co. masih mendapatkan sebagian besar suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari luar Amerika Serikat atau Kanada.
5. General Motors
Di AS, General Motors mengedarkan kendaraan dengan merek Chevy, Buick, Cadillac, juga GMC. Organisasi mendapatkan 75% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari luar Negeri Paman Sam juga Kanada. Blazer 2025 dirakit di dalam Meksiko, tempat 35% suku cadangnya (berdasarkan nilai) berasal.
6. Honda
Honda mempunyai 12 sarana manufaktur pada AS. Tujuh puluh lima persen model Honda yang dijual dalam Amerika Serikat dirakit dalam pada negeri, dan juga sebagian besar suku cadang (berdasarkan nilai) berasal dari Negeri Paman Sam atau Kanada. Beberapa model, seperti HR-V penggerak semua roda 2025, dirakit di tempat Meksiko dengan persentase suku cadang (berdasarkan nilai) tertinggi yang mana berasal dari Meksiko.
7. Hyundai
Produsen mobil Korea Hyundai mendapatkan 12% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Negeri Paman Sam atau Kanada. Sekitar seperempat model yang dimaksud dijual pada Negeri Paman Sam dirakit pada AS. Dua perlima (berdasarkan nilai) suku cadang Santa Fe HEV 2025 perusahaan berasal dari Amerika Serikat atau Kanada. Hyundai juga merakit beberapa model Genesis GV70, Hyundai Ioniq 5, Hyundai Santa Cruz, juga Hyundai Tucson dalam AS.
8. Jaguar Land Rover
Produsen mobil Inggris Jaguar Land Rover tidaklah merakit model apa pun pada AS. Range Rover Evoque 2025 yang tersebut dijual dalam Amerika Serikat menggunakan transmisi buatan AS.
9. KIA Motors
Produsen mobil Korea KIA merakit 30% modelnya pada AS. Sorento 2025, misalnya, dirakit di tempat Negeri Paman Sam juga 55% suku cadangnya (berdasarkan nilai) berasal dari Negeri Paman Sam kemudian Kanada, termasuk mesin juga beberapa transmisi.
10. Mazda Motor Corporation
Produsen mobil Jepun Mazda merakit model CX-50 juga CX-50 Hybrid 2025 di tempat AS. Sisa penawaran merek dirakit di tempat Negeri Sakura atau Meksiko. Di antara semua model perusahaan yang mana dijual pada AS, Mazda mendapatkan 12% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Negeri Paman Sam atau Kanada.
11. Mercedes-Benz
Untuk model yang dimaksud dijual di tempat AS, produsen mobil Jerman Mercedes-Benz memperoleh 3% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Negeri Paman Sam atau Kanada. Sepertiga dari model yang dijual perusahaan pada Negeri Paman Sam dibuat pada AS.
12. Mitsubishi Motors
Produsen mobil Jepun Mitsubishi merakit semua model yang dimaksud dijual di tempat Negeri Paman Sam pada Jepang. Outlander menggunakan 4% suku cadang (berdasarkan nilai) dari Amerika Serikat atau Kanada.
13. Nissan
Anak perusahaan Amerika Utara dari produsen mobil Jepun Nissan mendapatkan 22% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Amerika Serikat atau Kanada untuk model yang dijual di dalam AS. Organisasi merakit sebagian besar (39%) model yang mana ditawarkan pada Amerika Serikat di tempat di negeri. Sentra 2025 yang mana populer dirakit di area Meksiko, dengan 10% suku cadang (berdasarkan nilai) yang tersebut berasal dari Negeri Paman Sam atau Kanada.
14. Porsche
Di AS, jajaran Porsche dirakit di area Jerman atau Slovakia tanpa suku cadang dari Negeri Paman Sam atau Kanada.
15. Subaru
Subaru merakit 44% model AS-nya pada AS. Lima puluh persen suku cadang (berdasarkan nilai) yang tersebut ditampilkan di Outback berasal dari Amerika Serikat atau Kanada. Di antara semua model yang tersebut ditawarkan di tempat AS, 23% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dibuat di tempat Negeri Paman Sam atau Kanada.
16. Tesla
Produsen mobil Amerika Serikat Tesla merakit 100% model yang mana dijual dalam Amerika Serikat dalam negara ini. Dalam model yang mana sama, 69% suku cadangnya (berdasarkan nilai) berasal dari Negeri Paman Sam atau Kanada. Tiga perempat dari suku cadang Model 3 tahun 2025 (berdasarkan nilai) berasal dari Negeri Paman Sam atau Kanada — seperlima dari Meksiko.
17. Toyota
Sebagian besar model Toyota lalu Lexus yang digunakan ditawarkan dalam Amerika Serikat dirakit pada Jepang. Namun, Camry Hybrid 2025, yang tersebut dirakit dalam AS, menggunakan 55% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Negeri Paman Sam juga Kanada, dengan beberapa mesin kemudian semua transmisi dibuat di tempat AS.
18. Volkswagen
36 persen model yang digunakan dijual Volkswagen dalam Amerika Serikat dirakit di dalam negara ini. Atlas FWD 2025 dirakit pada AS, dengan 59% suku cadangnya (berdasarkan nilai) yang berasal dari Amerika Serikat atau Kanada juga transmisi yang dibuat di tempat AS.
19. Volvo
Dua puluh satu persen model yang mana ditawarkan di dalam Negeri Paman Sam oleh produsen mobil Swedia Volvo dirakit di area AS, juga 5% suku cadangnya (berdasarkan nilai) berasal dari Negeri Paman Sam atau Kanada. EX-90 Twin Motor Plus 2025 dirakit pada AS, dengan 20% suku cadangnya (berdasarkan nilai) dari Negeri Paman Sam atau Kanada.
Apa Arti Tarif Otomotif bagi Pembeli Mobil?
Analis Wedbush Securities Daniel Ives mengungkapkan konsumen sanggup membayar USD5.000 hingga USD10.000 lebih lanjut sejumlah untuk mobil yang dimaksud tiada dirakit dalam Amerika.
Direktur studi tenaga kerja di dalam Sekolah Hubungan Industri serta Tenaga Kerja Universitas Cornell, Art Wheaton, menyatakan terhadap USA TODAY bahwa nilai tukar beberapa mobil non-mewah bisa saja naik sebanyak USD20.000 apabila produsen mobil meneruskan biaya tarif secara penuh.