JAKARTA – Pemilik Vespa matic kerap kali kebingungan pada melakukan servis berkala dalam bengkel resmi. Sebab, ada perbedaan rekomendasi jarak antara di dalam buku panduan juga bengkel resmi.
Sebagai informasi, pada buku pedoman pemilik dianjurkan untuk servis berkala model Primavera dan juga Sprint tahap pertama dilaksanakan 1.000 km pertama. Selanjutnya, disarankan untuk melakukan servis rutin setiap 5.000 km atau lima bulan sekali.
Sementara ketika berada di area bengkel resmi, direkomendasikan untuk melakukan servis berkala setiap 2.000 km sekali. Sehingga ini menyebabkan kebingungan di area antara para pemilik Vespa matic.
Technical Training Manager PT Piaggio Indonesia Irvan Henrianto menyatakan opsi yang disebutkan menyesuaikan dengan keperluan dan juga utilisasi Vespa oleh konsumen. Menurutnya, masing-masing individu penggunaannya berbeda.
“Memang sebenarnya ada beberapa dealer yang tersebut menganjurkan tambahan cepat (servisnya). Namun balik lagi ke kustomer ketika digunakan seperti apa, lewat jalan berdebu, perjalanan jauh, atau kemungkinan besar jarang dipakai,” kata Irvan dalam Jakarta, belum lama ini.
Irvan menegaskan pada buku pedoman juga telah diberikan tanda bintang yang tersebut menandakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, apabila Vespa matic kerap terjebak kemacetan, maka disarankan untuk servis lebih tinggi awal.
“Tapi sebenarnya dalam buku servis juga ada tanda bintang yang mana berarti periksa oli mesin setiap 2.500 kilometer, jadi untuk kustomer aware pada jarak yang disebutkan membuka dulu periksa level oli dalam dip stick-nya,” ujarnya.
Pada umumnya, pemanfaatan motor kebanyakan pemakaian dengan intensitas tinggi maka perawatannya harus lebih lanjut kerap dilakukan. Hal ini diadakan untuk menjaga kinerja motor tetap memperlihatkan optimal.
“Kalau dirasa pemakaiannya berat daily use jaraknya terpencil juga juga berdebu, otomatis jarak servisnya maju (2.000/3.000 km sekali). Sedangkan kalau jarang dipakai pakainya misal untuk antar anak sekolah kemudian lainnya mengambil bagian buku servis enggak masalah,” tuturnya.