Jakarta – Pusat Pelaporan dan juga Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengungkap ada puluhan ribu tabungan yang mana teridentifikasi sebagai hasil dari praktik jual beli account yang dimaksud digunakan untuk deposit perjudian online.
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana mengatakan, tabungan milik warga lain juga ditemukan secara masif digunakan untuk menampung dana hasil tindakan pidana penipuan, perdagangan narkotika, serta bervariasi kejahatan lainnya.
“Pada tahun 2024 terdapat lebih banyak dari 28.000 account yang berasal dari jual beli account yang mana digunakan untuk deposit perjudian online,” kata Ivan, dikutipkan Selasa (20/5/2025).
Ivan menegaskan bahwa pemakaian account dormant yang mana dikendalikan oleh pihak lain bermetamorfosis menjadi salah satu modus yang mana rawan disalahgunakan di aktivitas ilegal.
Sebagai informasi, Dormant merupakan Istilah perbankan yang digunakan digunakan untuk menggambarkan akun bank yang digunakan sudah ada lama tidak ada ada transaksi, seperti penarikan, penyetoran, atau transaksi di periode tertentu.
PPATK mengungkapkan klien yang dimaksud terdampak penghentian sementara ini tetap memiliki hak penuh menghadapi dana yang dimiliki lalu dapat mengajukan permohonan reaktivasi melalui cabang setiap bank dengan memenuhi prosedur yang tersebut ditetapkan.
Lantas, bagaimana tindakan mengaktifkan kembali akun yang diblokir PPATK?
1. BRI
Rekening BRI akan otomatis berstatus dormant atau pasif apabila bukan ada proses apa pun pada 180 hari, tanpa memandang nominal saldo.
Artinya, klien yang bukan melakukan proses apapun, termasuk kredit dan juga debit selain biaya admin tabungan kemudian kartu selama 180 hari, akan berubah status rekeningnya berubah menjadi dormant.
Mengutip laman resmi BRI, jikalau tabungan berubah status berubah menjadi dormant Anda dapat melakukan re-aktivasi akun dengan datang ke unit kerja BRI terdekat.
Anda bisa saja mengakibatkan identitas lalu bukti kepemilikan akun ketika akan melakukan re-aktivasi rekening.
Adapun hasil tabungan yang mana akan mengalami waktu dormant menjadi 180 hari salah satunya tabungan BRI Simpedes, tabungan BRI Simpedes BISA, tabungan BRI Simpedes Usaha, tabungan BRI BritAma Umum, tabungan BRI BritAma Bisnis, tabungan BRI BritAma Prioritas, tabungan BRI BritAma Mitra, tabungan BRI BritAma DHE, tabungan BRI Junio
2. BNI
Bagi pelanggan BNI, apabila akun tabungan Anda telah masuk kategori dormant, Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan ringan melalui beberapa cara.
Mengutip laman resmi BNI, Anda bisa jadi datang ke kantor cabang BNI terdekat dengan mengakibatkan kartu identitas lalu lakukan proses setoran atau pencabutan pada cabang BNI. Setoran minimal yang harus diwujudkan adalah Rp100.000.
Sementara, untuk mengetahui status account pasif bisa jadi menghubungi BNI Call di 1500046.
3. Bank Mandiri
Nasabah Bank Mandiri dapat mengajukan permohonan aktivasi tabungan dormant melalui aplikasi mobile mobile banking (m-banking) Livin’ by Mandiri bagi klien yang digunakan telah mengunduh serta mempunyai akun.
Untuk mengaktivasi account dormant Bank Mandiri, klien mengakses halaman beranda perangkat lunak Livin’ by Mandiri.
Lalu, pilih tabungan yang digunakan tidak ada aktif, tekan tombol “Aktivasi Sekarang”. Kemudian lakukan verifikasi wajah dengan cara swafoto (selfie). Pastikan kedudukan wajah ke pada bingkai dan juga tunggu hingga verifikasi berhasil.
Kemudian, pengguna akan diminta memasukkan enam digit PIN Livin’ by Mandiri. Kemudian klien diminta melakukan minimal satu kal proses untuk aktivasi tabungan pada hari yang sejenis sebelum 22.59 Waktu Indonesia Barat di dalam Livin’ by Mandiri maupun channel lainnya.
Bagi klien yang mana gagal aktivasi akun dorman di dalam Livin dapat melakukan aktivasi account dormant pada cabang.
4. Maybank
Jika tabungan MaybankAnda sudah pernah berubah status berubah menjadi dormant, ada beberapa langkah yang dapat diwujudkan untuk mengaktifkannya kembali.
Pertama, klien mampu datang segera ke cabang bank terdekat dengan mengakibatkan identitas diri juga buku tabungan (jika ada) untuk serangkaian aktivasi.
Jika bukan dapat datang segera ke cabang, klien dapat menghubungi customer service Maybank ke 1500611 atau +622178869811 (dari luar negeri) untuk mendapatkan panduan aktivasi rekening.
Nasabah juga dapat mengaktifkan tabungan dormant melalui mobile banking. Bagi Nasabah Maybank yang ingin mengaktifkan kembali account dormant dapat melakukannya dengan sederhana melalui M2U ID App (mobile banking). Berikut cara yang dimaksud mampu Anda ikuti:
Login ke M2U ID App
- M2U ID App akan menampilkan dashboard tabungan Tabungan nasabah.
- Pilih Rekening Dormant yang mana ingin Anda aktifkan
- Klik “Aktivasi”
- Pada layar akan tampil Pop Up Notifikasi Pengkinian data Nasabah. Klik “Lakukan Sekarang” untuk melanjutkan
- Klik opsi “Ya, Saya akan melakukan pengkinan data” lalu pilih kategori data yang dimaksud ingin/perlu diperbaharui
- Lengkapi data pekerjaan Anda, kemudian klik “Lanjut”
- Cek kembali detail informasi yang diberikan. Apabila telah sesuai, Klik “Konfirmasi”
- Masukkan passcode Secure2u
- Klik “SELESAI” untuk melanjutkan serangkaian aktivasi akun dormant
- Rekening Anda berhasil diaktifkan
Next Article Makin Marak, Hal ini Strategi Keuangan Digital Perangi Judol
Artikel ini disadur dari Cara Aktifkan Kembali Rekening Bank yang Diblokir PPATK











