Layanan Tukar Uang Pintar.bi.go.id Error, BI Minta Maaf

Layanan Tukar Uang Pintar.bi.go.id Error, BI Minta Maaf

JAKARTA – Layanan tukar uang Terampil Bank Indonesia dengan alamat Pintar.bi.go.id mengalami error pada Hari Minggu (9/3/2025). Akibatnya, sejumlah netizen yang mana mengeluh lantaran layanan yang dimaksud tiada sanggup diakses.

Tidak sedikit dari dia yang digunakan sudah ada mengisi nominal penukaran uang namun proses tidak ada berjalan dengan baik. Ada juga yang menanti pada waktu lama namun prosesnya tak kunjung selesai.

“Ini udah ga sanggup kah pintar bi? Serasa di dalam prank udah nyampe isi nominal pusing beneran kepala gue,” kata netizen dengan akun media sosial X @xiaociee_.

“Setengah jam ngeklik Pilih, pasca itu ngisi data diri klik Selanjutnya sampe sejam lebih besar gak jalan. Ujung-ujungnya kuota habis. Bener kan, pintar bi yang mana gak pintar,” keluh netizen @bustypinggg.

“Web bi pintar cocok bersaing sm web bapuknya macima,” timpal netizen lainnya dengan akun @channns.

Untuk diketahui, layanan Pandai Bank Indonesia memang sebenarnya berada dalam sejumlah digunakan publik untuk menukarkan uangnya mendekati perayaan Idul Fitri.

Layanan Terampil Bank Indonesia sendiri sudah ada dibuka per hari ini sejak pukul 09.00 WIB. Penukaran uang bisa saja dilaksanakan pada periode 10-16 Maret 2025.

Sementara itu BI mengeluarkan pernyataan permintaan maaf terkait error-nya layanan Pandai Bank Indonesia. Direktur Eksekutif Departemen KomunikasiBI Ramdan Deny Prakoso mengatakan, ketika ini proses pemulihan layanan terus dilakukan.

“Mohon maaf melawan ketidaknyamanannya dikarenakan gangguan di mengakses dan juga pemanfaatan aplikasi mobile layanan penukaran uang Rupiah (pintar.bi.go.id). Saat ini, kami sedang bekerja maksimal untuk mengatasi kendala ini, secara bertahap pemulihan sedang dilaksanakan agar dapat kembali digunakan secara normal,” kata Ramdan sebagaimana dikutipkan dari keterangan resminya.

Ramdan mengatakan BI sangat mengapresiasi kesabaran lalu pengertian warga selama proses pemulihan berlangsung. Bagi yang digunakan masih mengalami kendala, ia menyarankan agar menghubungi contact center Bank Indonesia BICARA 131. “Dalam hal masih mengalami kendala, silakan menghubungi contact center Bank Indonesia BICARA 131 melalui media sosial, email, atau Whatsapp,” jelasnya.